Perangkat Aerial Laser Scanning Berbasis Modular, Safety, Presisi dan Akurasi Tinggi

Guna meningkatkan kualitas data hasil survey wilayah untuk keperluan Detail Engineering Design, atau Pre Eliminary Design baik untuk rencana tata kota, pembangunan infrastruktur, dan pemodelan Smart City. Dibutuhkan data detil yang dapat dijadikan sebagai acuan dasar rencana pembangunan.

Banyak opsi yang selama ini dijalankan oleh pelaku usaha untuk mendapatkan data tersebut, salah satunya adalah melalui perangkat teknologi mobile mapping berbasis data Lidar.

Video tentang Pengoperasian Aerial Lidar dengan Tron UAV

Terdapat beberapa opsi teknologi yang saat ini digunakan berikut plus minusnya, diantaranya :

1. Mobile Terestrial Laser Scanning. Yakni perangkat scanning Lidar yang dipasang diatas kendaraan untuk mendapatkan data 3D sebuah area. Namun masih terbatas penggunaannya apabila tidak ada akses jalan, serta keterbatasan range data hanya dari sisi kanan dan kiri dari area yang dilewati. Proses pengambilan data pun membutuhkan waktu yang lama.

2. Kamera Udara. Untuk skala besar, opsi ini menjadi pilihan, dan proses pengambilan data dapat dilakukan secara cepat. Hanya memang investasi yang dibutuhkan mahal dan biaya operasi yang dikeluarkan setiap pelaksanaan operasi juga tinggi.

3. Terestrial Laser Scanning. Penggunaan alat ini hanya terbatas pada objek, atau scanning area dengan keterbatasan jarak. Sehingga alat ini agak berat untuk dijadikan sebagai alat survei koridor jarak diatas 5 kilometer atau 15 kilometer.

Quantum Systems GmbH bekerjasama dengan Yellowscan (produsen perakit sistem Lidar terintegrasi) menyediakan solusi perangkat UAV Vertical Take Off Landing dengan sensor Lidar yang disempurnakan dan dipabrikasi mengikuti standar fotogrametri dan keakurasian data tingkat tinggi.

Quantum TRON +Yellowscan Surveyor Ultra di disain dan di fabrikasi melalui proses sertifikasi safety untuk menjalankan misi di daerah berkontur ekstrem dengan sistem safety yang dapat membantu operator pengguna UAV ini menjalankan misi dengan aman.

Representatif Tunggal Quantum Systems Gmbh untuk Indonesia dan Singapura, PT Byte Geo Solusi, yang berdomisili di Jakarta menjamin bahwa sistem ini bisa dengan mudah untuk dioperasikan oleh pembeli tanpa harus mendidik pilot hingga level profesional. Bahkan proses pengolahan data Lidar yang mudah memungkinkan para operator yang dilatih, untuk melakukan pengolahan data di lapangan.

Keunggulan sistem ini adalah :

1. Sensor Yellowscan dapat mengambil data dari ketinggian 160 meter dengan tingkat akurasi sampai dengan 1-5 cm;

2. Bersifat modular tanpa proses perakitan rumit di lapangan, sehingga pilot lebih dapat berkonsentrasi ke hasil data daripada ke proses penerbangan dan pemeliharaan pesawat;

3. Keakurasian dan kualitas data tidak kasar karena UAV TRON menggunakan sistem Elektrik dan full automatic flying sehingga tidak ada getaran besar terhadap IMU yang terinstall pada perangkat Yellowscan.

4. Mampu bekerja tanpa Link Radio sampai dengan 1 jam operasi, serta pesawat secara otomatis mengikuti terrain sehingga altitude pesawat dari ground stabil di ketinggian yang ditetapkan untuk pengambilan data Lidar, serta transponder untuk PING ke radar Airnav dan pesawat komersial. Ini dibutuhkan untuk membantu operator dalam menyusun operasi lidar Beyond Visual Line Of Sight (BVLOS)- diatas 7 km.

5. Seluruh sistem terintegrasi, mulai dari peta dasar, data elevasi menggunakan data dari ESRI, penyusunan rencana terbang sesuai dengan unit dan sensor serta fitur yang easy to use, automatic Firmware Update tanpa harus mengirim unit pesawat kembali ke pabrikan. Membuat Quantum Systems dapat digunakan secara terus menerus tanpa ada kekhawatiran unit di musiumkan dalam waktu cepat/ atau hanya dibeli namun tidak bisa digunakan.