QBASE

QBASE adalah software built in seluruh produk Quantum Systems, mulai dari penyusunan rencana terbang sampai dengan perangkat monitor pesawat, atau dikenal juga dengan sebutan Ground Control Station (GCS).

Terdapat beberapa fitur software pada QBASE yang memudahkan operator untuk mengenali medan yang akan menjadi area misi penerbangan dengan UAV, serta beberapa fitur penyempurnaan QBASE berdasarkan kebutuhan operator di lapangan.

FITUR PERENCANAAN MISI PENERBANGAN

Tutorial Penyusunan Misi Poligon dengan QBASE 3D

Tutorial Penyusunan Misi Koridor dengan QBASE 3D


INPUT KML

Fitur ini memudahkan operator untuk menyiapkan rencana terbang berdasarkan pada file boundary berbentuk .shp yang di konversi ke file .kml. Operator juga dapat menginput langsung file .kml untuk langsung dijadikan sebagai area of interest penerbangan seluruh Produk Quantum Systems.

DATA ELEVASI

Data Elevasi dari Satelite Radar For Topography Mission (SRTM) dapat didownload dalam software QBASE, data ini bertujuan untuk menjadi data dukung penyusunan rencana terbang di wilayah dengan kontur ekstrem. Dan operator juga tidak menyusun rencana terbang baik berbentuk poligon maupun misi koridor dan misi surveillance dengan mengatur tingkat elevasi secara manual.

Operator juga diberikan pilihan untuk dapat menggunakan data DEM yang dimiliki untuk satu area misi.

PETA OFFLINE

Penyusunan rencana terbang dan juga misi penerbangan pada QBASE dapat dilakukan secara offline, sehingga memudahkan operator untuk tetap menyusun rencana misi penerbangan dan kendali pesawat di daerah remote.

MISI PENERBANGAN 3DIMENSI

Operator dapat dengan mudah menyusun misi penerbangan, dimana unit pesawat akan bergerak sesuai dengan rencana terbang yang disusun dengan mengaktifkan fitur TERRAIN FOLLOWING. Proses pembuatan 3D Terrain Following ini dikemas untuk memudahkan operator dalam menyusun rencana terbang, dimana operator dapat mendapatkan peringatan terkait batasan altitude (Kuning: selisih dari terrain ke pesawat dibawah 60 meter, dan Merah: selisih dari terrain ke pesawat dibawah 30 meter).

Fitur ini biasanya digunakan untuk melakukan pemetaan yang melewati medan ekstrem, area pegunungan dan perbukitan, puncak gunung dan pertambangan.

MISI PENERBANGAN KORIDOR

Operator dengan tipe misi survei koridor seperti inspeksi jalur pipa, inspeksi jalan raya, inspeksi rel kereta api, dan area survei dengan misi koridor dapat dengan mudah menyusun rencana terbang secara otomatis. Lebar jalur dapat di setup mulai dari 50 meter sampai dengan 300 meter. Semua dilakukan secara otomatis tanpa harus dilakukan secara manual, meskipun didalamnya terdapat sistem pengaturan manual untuk mode custom.

TOLERANSI BEKERJA TANPA KONEKSI SELAMA 3600 Detik/ 1 JAM

Pada QBASE, operator dapat melakukan setup untuk penerbangan jarak jauh tanpa harus membuat pesawat kembali ke HOME POINT saat terjadi interferensi sinyal. Untuk saat ini, toleransi Link Loss yang bisa disetup untuk seluruh produk Quantum adalah 3600 detik baru pesawat kembali ke HOME.

LIVE AIR TRAFFIC

Untuk keselamatan Navigasi Penerbangan dan juga menghindari terjadinya kecelakaan antara produk Quantum Systems dan pesawat komersil, maka seluruh unit Quantum Systems dilengkapi dengan transponder yang dapat dibaca oleh pesawat komersil. Dan pada perangkat Ground COntrol Station terdapat perangkat untuk mendeteksi lalu lintas pesawat di sekitar area misi.

Pada QBASE, juga terdapat fitur untuk kodifikasi nama pesawat dan juga aktivasi pemancar yang nantinya dapat terpantau oleh radar AIRNAV dan juga seluruh pesawat komersil yang melintas di area misi.

Iklan