TRINITY F90+

Quantum Systems Trinity F90+ adalah model Unmanned Aerial Vehicle untuk pemetaan skala ringan berbasis teknologi electric Vertical Take Off Landing Fixed Wing yang diproduksi pada edisi Oktober 2019 ke depan. Setelah melewati proses panjang Research & Development, Quantum Systems meluncurkan varian baru yang lebih tahan terhadap cuaca, angin dan suhu pada kegiatan pemetaan.

Pesawat ini berbahan ELAPOR dengan panjang sayap 2,5 meter dan menggunakan tenaga angkut dan dorong menggunakan 3 motor penggerak yang secara otomatis bekerja untuk menggerakkan daya angkut pesawat dan pendorong saat transisi dari mode Copter ke mode Fixed Wing.

Trinity F90+ adalah model penyempurnaan dari model sebelumnya Trinity F9, dan untuk Trinity F90+ sudah dilengkapi dengan fitur Post Processing Kinematic (PPK) dengan tingkat keakurasian dibawah 5 cm.

Keunggulan utama dari Trinity F90+ untuk pemetaan skala ringan (300 – 500 hektar polygon dengan ketinggian 250 meter untuk resolusi 6cm/pixel, atau ketinggian 150 meter untuk resolusi 3 cm/pixel) dan pemetaan koridor sampai dengan jarak 12 kilometer (dengan asumsi pengambilan dengan 3 grid dan asumsi cadangan baterai untuk landing di angka 30%). Semua kegiatan operasi berjalan Full Otomatis dan mengurangi intervensi dan konsentrasi operator mulai dari Take Off, Transisi, Mission, Transit to Home Point, Retransition, Hover to Base sampai dengan Landing.

Untuk Landing, pada ketinggian 10 meter, pesawat memberikan opsi kepada operator untuk mengambil alih untuk melakukan pendaratan.

Untuk pilihan Payload Management Board, Trinity F90+ mampu membawa sensor tergantung pilihan klien. Adapun pilihan double payload yang langsung dapat diintegrasikan ke Trinity F90+ adalah :

  1. Sony RX1 RII 42 MP
  2. Double Payload Sony UMC R10C + Micasense Red Edge MX
  3. Micasense ALTUM 6 Narrow Bands + Thermal

UPDATE TEKNOLOGI TRINITY

Seluruh produk Trinity keluaran 2019 sudah di upgrade dengan menggunakan teknologi yang memenuhi standar Directorate General Civil Aviation (DGCA) di seluruh negara. Diantaranya adalah dengan melengkapi seluruh sistem navigasi dengan Transponder ADS-B, dan Quantum Systems GmbH telah bekerjasama dengan Avionix untuk melengkapi persyaratan tersebut.

Upgrade pada sistem lainnya adalah dengan menambahkan teknologi GNSS Post Processing Kinematik yang tidak membutuhkan perangkat tambahan yang rumit. Post Processing Kinematic adalah sistem perekaman koordinat yang bisa bekerja tanpa link koneksi antara Ground Control Station dengan pesawat, sehingga operator tidak perlu menjaga keberlangsungan koneksi antara pesawat dan GCS.

Perangkat ini semuanya masuk dalam setiap paket pengadaan Trinity maupun Tron tanpa ada penambahan harga terhadap unit.

i-BASE GROUND REFERENCE STATION

iBase adalah GNSS reference station berukuran kecil yang secara otomatis akan menyimpan Reference Measurement di Ground dan menyimpan secara otomatis ke dalam micro SD Card. File yang tersimpan inilah yang akan mendukung QBASE 3D untuk melakukan proses koreksi koordinat terhadap data yang diambil oleh drone.

TINGKAT KEAKURASIAN 2-5CM. QBASE 3D dapat melakukan proses geotagging dengan tingkat error 2-5cm, tergantung dari posisi peletakan iBase di lokasi Ground Control Station.

INSTALASI MUDAH. Tidak diperlukan tambahan perangkat yang sifatnya rumit, Pilot hanya mengaktifkan tombol power dan Kotak Ajaib ini akan menjalankan seluruh proses selanjutnya.

FULL OTONOMI. Tidak ada perangkat tambahan, seluruh data referensi tersimpan di SD Card, dan penggunaan baterai pada Kotak Ajaib ini mampu di operasikan selama 10 jam untuk 1 x charging.

PENAMBAHAN DALAM SETIAP PAKET UNTUK TRON/ TRINITY

  • GNSS Logging Station (70x70x25mm)
  • Antenna GNSS dengan standar IP67 dengan Magnetic Mounting (L1/L2/L5 bands) dan 5 meter kabel RG174
  • Micro SD Card kapasitas 32 GB
  • Micro USB Cable untuk perangkat charging
  • Buku petunjuk penggunaan iBase
Technical Data
Max. Take-off Weight4.5 kg 
Max. Flight Time90 min
Max. Range = Area90 km = 700 ha
Maximum flight altitude (MSL)3000 m*
Command and Control Rangeup to 8 km
Payloadmax. 550 g 
Optimal Cruise Speed17 m / s or 61.2 km / h
Wind Resistance (ground wind)7 m/s 
Wind Resistance (in cruise flight)12 m/s 
Battery Capacity10 Ah
RC transmitter frequency2.4 GHz
Flight data link (Trinity – QBase) frequency433 MHz / 915 MHz. Microhard 4G LTE
Flight data link (Trinity – QBase) powermax. 100 mW**
Operating temperature range-12 °C to 40 °C (10.4 °F to 104 °F)*** 
Wingspan2,394 m
Lenght1,48m
Transport Case Dimension1002 x 830 x 270 mm  
Specification of the battery packGER
Charging current10 A
Discharging current2 A
Discharging voltage3.1 V
TVC voltage4.2 V
Charging timeAround 1h (depending on the state of discharge)
Charging current USB port2.1 A
Weight1.17 kg
* Please be aware that with increasing flight altitude the flight time is reduced.
** Please follow the local regulations for the maximum allowed transmission power.
***Below 0 °C (32 °F): non icing conditions, battery must be heated
to 35 °C (95 °F) for at least five hours before the flight and the flight time is
limited to 40 minutes.
Iklan